Cara Menulis Lamaran Kerja yang Baik

rajarusa.com – Bagaimana cara melamar yang baik dan benar? Eits, tunggu dulu brothers. Melamar nggak cuma soal ketemu orang tua pasangan aja loh. Tapi melamar pekerjaan juga adalah “melamar” lain yang juga penting. Meminang atau mengajukan tawaran untuk mengisi lowongan sebuah pekerjaan memiliki teknik tersendiri agar kamu lolos. Nggak sekedar dateng terus bilang, “pak saya mau ngelamar kerjaan di bapak.” 😀Mungkin salah satu dari kalian yang membaca dan mengikuti tiap post dari kami adalah salah satu fresh graduate yang bingung untuk mencari kerja. Memang kegalauan pria di fase ini cukup menjadi momok bagi setiap pria. Di fase ini, pemilihan keputusan setiap pria untuk melamar kerja akan menentukan nasib dan kehidupan di masa dan fase selanjutnya bukan? Tentunya sebelum menikah kamu pasti menghadapi pertanyaan dari calon mertua yang biasanya menanyakan kamu kerja dimana?

Jauh sebelum itu, sebaiknya kita fokus pada masa sekarang ini dengan kondisi fresh graduate mu dan kamu masih bingung memilih kerja.dalam setiap peluang pekerjaan yang sangat bisa kamu manfaatkan pastinya kamu diwajibkan untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Sebisa mungkin kenalkan profil dan citra diri kamu dalam lamaran pekerjaanmu dan buat HRD perusahaan tertarik sehingga memanggil dirimu dan mempercayakan sebuah posisi di dalam perusahaan.

Lalu bagaimana cara membuat lamaran kerja agar kamu bisa diterima saat melamar pekerjaan? Berikut ini kami berikan cara kreatif membuat lamaran kerja dan cara pria cerdas membuat lamaran kerja.

source: pinterest
  1. Buatlah CV yang menarik

Curicculum vitae yang bagus dengan tampilan desain yang menarik akan menarik perhatian HRD yang akan mewawancaraimu. Sebaiknya tampilkan seluruh pengalaman yang kamu punya agar HRD yakin untuk memanggilmu dan maju ke tahapan test selanjutnya. Sebaiknya kamu juga menampilkan grafik kemampuan dalam CV kamu agar ukuran kemampuan kamu dapat terukur. Hal ini sangat membantu penjelasan yang kamu tulis dalam curricculum vitae yang kamu buat. Jangan lupa berikan gambar infografis agar HRD lebih mudah memhami informasi diri kamu.

source: pinterest
  1. Sesuaikan isi lamaran dan background diri kamu dengan pekerjaan yang kamu lamar

Sebaiknya sesuaikan background diri kamu dan latar belakang disiplin ilmu yang kamu miliki saat kamu melamar kerja. Kesesuaian latar belakang disiplin ilmu dan pengalaman juga semakin meyakinkan para HRD untuk menerima lamaran kamu. Jika sangat banyak pengalaman yang kamu miliki. Seleksilah pengalaman yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu sekarang. Misalnya kamu seorang lulusan sarjana ekonomi yang memiliki pengalaman bekerja sebagai fotografer belum tentu diperhitungkan oleh sebuah Bank. Berbeda ketika kamu memiliki pengalaman bekerja paruh waktu sebagai seorang cashier sebuah cafe.

source: pinterest
  1. Berikan personal statement yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan

Personal statement akan menjadi bagian penting dalam melamar pekerjaan. Usahakan tulislah hal yang sangat prinsipil dan meyakinkan HRD. Dalam hal ini sebaiknya kamu juga menyesuaikan dengan karakter dan kebutuhan perusahaan yang kamu lamar.

Nggak jauh beda dengan memilih pendamping hidup, melamar pekerjaan juga membutuhkan nyali dan kemantapan hati bro. Hal ini karena nggak mungkin banget kamu lompat lompat pekerjaan gara gara nggak sreg dikemudian hari. Nah, tentukan pilihan kemana kamu ingin bekerja. Dan yang paling penting jangan hanya melamar di satu pekerjaan saja. Pilih beberapa pekerjaan sejenis yang kamu inginkan, karena belum tentu kamu langsung diterima. Good luck!


Related Search:

  • contoh surat lamaran kerja di pt sebagai karyawan
  • contoh surat lamaran kerja tulis tangan
  • contoh lamaran pekerjaan sederhana
  • surat lamaran kerja umum
  • cara membuat surat lamaran kerja di pabrik
  • contoh surat lamaran kerja 2017
  • contoh surat daftar riwayat hidup
  • contoh surat lamaran kerja doc