Pingin Modifikasi Motor Classic? Kenali 5 Jenisnya

rajarusa.com – Memiliki motor custom merupakan salah satu barang dan mainan idaman para pria. Apalagi motor kustom klasik seperti café racer, bratstyle dan hot rod yang sangar itu, dapat meningkatkan kepercayaan diri seorang pria. Menggunakan motor jenis ini juga dapat membuat penampilanmu menjadi lebih keren sehingga dapat dengan mudah menjadi pria idaman wanita.

Jika kamu mulai bosan dengan gaya motormu, kami telah merangkum 5 jenis motor custom klasik yang paling populer saat ini. So, check this out!

modifikasi motor cafe racer

Modifikasi Motor Cafe Racer

Tipe modifikasi motor pertama ini yakni cafe racer. Jenis modifikasi ini merupakan salah satu yang paling populer akhir akhir ini. Modifikasi motor custom ini bisa dibilang aliran modifikasi yang mengadopsi tampilan motor balap pada jaman dahulu. Modifikasi motor Cafe racer identic dengan stang jepit, jok single rendah dengan buntut motor yang berbentuk melengkung.

Umunya, tanki motor cafe racer dibuat ramping dan memanjang. Aliran cafe racer kadang terlihat dengan dua bentuk sesuai selera pemiliknya, yakni tanpa naked alias tanpa fairing dan satu lagi dengan menggunakan fairing.

modifikasi motor jap style

Modifikasi Motor Bratstyle

Jika kamu bosan dan menginginkan gaya custom motor dengan kelebihan kenyamanan dalam pengemudiannya, kamu dapat memilih jenis custom motor bratsytle. Modifikasi bratstyle di Indonesia mengikuti aliran jepang adalah dengan membentuk tangki bensin yang lebih mengecil, sehingga tampak lebih simpel.

Selain itu kenyamanan berkendara juga terasa karena ban motor yang besar dan lebar. Jok motor juga dibuat menjadi lebih kecil dan bertipe single jok dan posisi joknya yang lebih rendah daripada tangki bensinnya. Gaya modifikasi motor bratstyle ini juga identic dengan ciri khas stang semi hanger, serta dilengkapi dengan bentuk lampu depan dan belakang yang kecil. Dijamin, motor ini akan membuat gayamu lebih keren.

modifikasi motor chopper

Modifikasi Motor Chopper

Modifikasi motor custom kedua ini yaitu chopper. Jenis modifikasi motor chopper ini merupakan salah satu jenis yang unik dan berbeda. Chopper identik dengan aliran berciri khas kaki-kaki depan yang panjang. Sehingga, rangka dari motor ini harus didesain secara khusus alias custom yang harus disesuaikan dengan kemiringan serta panjang dari fork atau garpunya.

Diameter ban juga berbeda antar depan dan belakang. Pada ban depan, umunya berdiameter lebih besar disbanding ban belakang. Chopper juga identik dengan stang tinggi dan dudukan yang rendah. Sehingga custom chopper sangat cocok untuk berkendara santai. Contoh motor chopper bisa kamu lihat pada film Ghost Rider atau Easy Rider.

modifikasi motor scrambler

Modifikasi Motor Scrambler

Jika kamu menyukai adrenalin yang tinggi namun ingin tetap terlihat classy, kustom motor scrambler mungkin cocok menjadi opsi untukmu. Scrambler dirancang untuk melahap jalanan yang bergelombang dan ekstrim. Aliran custom ini, umumnya, identik dengan ban depan dan belakang dengan bentuk dan alur kotak-kotak atau trail.

Hal ini akan memudahkanmu melaju pada jalanan yang bergelombang dan menantang. Selain itu, scrambler menjadi salah satu custom unik karena ukuran knalpot motor yang kecil dan berada di samping motor.

modifikasi motor hot rod

Modifikasi Motor Hot Rod

Jenis costum terakhir ini mungkin akan sangat terlihat gahar. Umumnya, motor custom hot rod digemari oleh para muscle car mania. Sebenarnya aliran hot rod tidak memiliki ciri dan tampilan yang khas. Hanya saja, biasanya motor ini di-custom dengan menggunakan mesin mobil yang sudah tidak layak jalan.

Namun dengan adanya sentuhan magic dari para mekanik yang ahli, mesin mobil tadi dapat ditanam dan cukup pada sasi motor hot rod. Dalam komunitas biker custom, jenis hot rod biasanya memiliki tampilan yang sangar dengan cat doff serta pernik yang sangar dan menakutkan.

Nah itu dia 5 jenis motor custom klasik yang dapat menjadi inspirasimu memiliki motor custom klasik. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan selera dan budget yang kamu miliki. Keep rockin’ and stay cool!

Leave a Reply